Gelang Gaharu Aquilaria malacensis Mutu Kamedangan TGC Ulir

keyword Rp150.000
CODE PRODUCT GGKTGC16
NAMA PRODUCT Gelang Gaharu Kamedangan TGC 16mm
UKURAN Diameter 16mm, isi 14 butir
BAHAN Gaharu Kualitas Kamedangan TGC
BENTUK BUTIRAN Bulat Bola
MODEL Gelang Karet
HARGA Eceran Rp150.000



Gaharu dihasilkan oleh tanaman sebagai respon dari mikroba yang masuk ke dalam jaringan yang terluka.Luka pada tanaman berkayu dapat disebabkan secara alami karena adanya cabang dahan yang patah atau kulit terkelupas, maupun secara sengaja dengan pengeboran dan penggergajian. Masuknya mikroba ke dalam jaringan tanaman dianggap sebagai benda asing sehingga sel tanaman akan menghasilkan suatu senyawa fitoaleksin yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyakit atau patogen. Senyawa fitoaleksin tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan beraroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain. Namun, apabila mikroba yang menginfeksi tanaman dapat mengalahkan sistem pertahanan tanaman maka gaharu tidak terbentuk dan bagian tanaman yang luka dapat membusuk. Ciri-ciri bagian tanaman yang telah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanaman menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batang dan cabang tanaman. Senyawa gaharu dapat menghasilkan aroma yang harum karena mengandung senyawa guia dienalselina-dienone, dan selina dienol. Untuk kepentingan komersil, masyarakat mengebor batang tanaman penghasil gaharu dan memasukkan inokulum cendawan ke dalamnya. Setiap spesies pohon penghasil gaharu memiliki mikroba spesifik untuk menginduksi penghasilan gaharu dalam jumlah yang besar. Beberapa contohcendawan yang dapat digunakan sebagai inokulum adalah Acremonium sp., Cylindrocarpon sp., Fusarium nivaleFusarium solaniFusarium fusariodesFusarium roseumFusarium lateritium dan Chepalosporium sp.

Gaharu banyak diperdagangan dengan harga jual yang sangat tinggi terutama untuk gaharu dari tanaman familiThemeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yang dalam dunia perdangangan disebut sebagai gaharu beringin. Untuk jenis gaharu dengan nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut sebagai gaharu buaya. Selain ditentukan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu juga ditentukan oleh banyaknya kandungan resin dalam jaringan kayunya . Semakin tinggi kandungan resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan begitu pula sebaliknya. Secara umum perdagangan gaharu digolongkan menjadi tiga kelas besar, yaitu gubalkemedangan, dan abu. Gubal merupakan kayu berwarna hitam atau hitam kecoklatan dan diperoleh dari bagian pohon penghasil gaharu yang memiliki kandungan damar wangi beraroma kuat. Kemedangan adalah kayu gaharu dengan kandungan damar wangi dan aroma yang lemah serta memiliki penampakan fisik berwarna kecoklatan sampai abu-abu, memiliki serat kasar, dan kayu lunak. Kelas terakhir adalah abu gaharu yang merupakan serbuk kayu hasil pengerokan atau sisa penghancuran kayu gaharu.

Berdasarkan studi dari Ng et al. (1997), diketahui jenis-jenis berikut ini menghasilkan resin gaharu apabila terinfeksi olehkapang gaharu :

Gelang ini terbuat dari gaharu jenis aquilaria kualitas kamedangan tanggung c (TGC), memilki aroma wangi walaupun tergolong lemah tapi aromanya alami tanpa proses oles minyak ataupun zat kimia apapun. Tidak tenggelam.

DAFTAR HARGA SESUAI UKURAN:
12mm-14mm Rp 100.000
16mm-18mm Rp150.000
19mm-22mm Rp250.000


INFORMASI DAN PEMESANAN SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI DI: 
082 140 718 453 
085 730 143 359 (Suport WA)
BB:298491AD

  GARANSI 100% UANG KEMBALI,JIKA BAHAN TIDAK ASLI ATAU PALSU (Tidak sesuai deskripsi bahan).

Related product you might see:

Share this product :

Produk Terlaris

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INDAHCRAFT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modifikasi by Indah Sugiyanto
Proudly powered by Blogger